Pages

Thursday 22 March 2012

Definisi Intelijensi Buatan ( Artificial Intelligence)

Intelejensi buatan atau Artificial Intelligence merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer. Komputer  pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia komputer dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia. Bagai mana ini bisa terjadi ? Karena manusia telah menciptakan kecerdasan dan kecerdasan tersebut dimasukan kedalam  mesin komputer. Sangat sulit membayangkan bagaimana cara menciptakan kecerdasan untuk sebuah komputer, akan tetapi ini merupakan hal yang nyata dalam kehidupan kita. Dan pada intinya kecerdasan pada komputer mengikuti pola dari kecerdasan manusia.


Beberapa bidang yang menggunakan intelejensi buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotica.

Intelejensi buatan atay AI secara garsi besar terbagi menjadi dua, yaitu AI konvensional dan AI modern :

  • AI konvensional merupakan AI yang dapat menghasilkan lebih besar memory. karena dalam AI konvensional ini proses terjadi sangat lambat dan tidak efektif serta efisien. Misalnya : Pada saat menyusun puzzle, kita biasanya melihat dahulu gambar dari puzzle tersebut. kemudian kita mengacak puzzle nya. setelah itu kita mencoba satu per satu dari puzzle yang sesuai dengan gambar awal dari puzzle hingga pada akhirnya kita berhasil membentuk puzzle sesuai dengan yang diinginkan. Ditahap ini kita sebenarnya melakukan searching secara konvensional dan searching seperti ini bisa memakan waktu yang lama dan menghabiskan tenaga yang besar. Komputer juga demikian, jika dalam sistem komputer tersebut diterapkan AI konvensional maka sebuah proses membutuhkan alokasi memory yang sangat besar dan ini tentunya tidak menguntungkan bagi kita.

AI Modern merupakan AI yang dapat melakukan proses lebih cepat. karena dalam AI modern diterapkan sistem  untuk menghasilkan suatu proses yang efektif dan efisien. Misalnya : Jika kita menggunakan AI modern, pada saat kita menyusun puzzle kita cukup melihat gambar tersebut dan kita tidak melakukan searching satu per satu, melainkan kita melakukan pergantian tempat pada puzzle - puzzle yang ada hingga membentuk gambar awal. Dengan AI modern kita dapat melakukan proses lebih efektif dan efisien.

0 comments:

Post a Comment